Waspada, Bahaya Mendengkur Bagi Kesehatan






Mendengkur adalah suara atau bunyi yang keluar dikarenakan adanya gangguan pada saluran udara yang melewati hidung dan mulut bagian belakang. Ketika tertidur nyenyak kita menarik dan menghembuskan nafas, otot dalam saluran udara akan semakin menyempit, lidah akan bergerak ke belakang mulut menuju saluran aliran udara dan bergetar berlawanan dengan langit-langit mulut yang lunak dan anak lidah. Semakin nyenyak kita tertidur maka otot-otot akan semakin rileks, dan pada kondisi ini tubuh kita akan berusaha lebih keras untuk menghirup udara, saat itulah terjadinya kondisi mendengkur.
Mendengkur merupakan gangguan tidur yang terjadi pada seseorang, dalam istilah kedokteran disebut dengan Sleep Apnea. Apabila seseorang mendengkur dalam waktu yang panjang maka akan menyebabkan berbagai macam penyakit yaitu hipertensi, penyakit jantung, dan stroke. Berikut bahaya tidur mendengkur bagi kesehatan
1.      Stroke
Mendengkur dapat menyebabkan stroke karena pada saat mendengkur terjadi pengentalan darah pada seorang pendengkur mengakibatkan peningkatan resiko terkena stroke.
2.      Penyakit Jantung
Mendengkur juga dapat menyebabkan penyakit jantung karena ketika mendengkur deyut jantung seorang pendengkur tidak beraturan. Sehingga resiko menderita penyakit jantung sangat tinggi.
3.      Diabetes
Pendengkur dapat terkena diabetes karena pada saat mendengkur metabolisme di dalam tubuh tidak dapat mentoleransi glukosa dan juga resisten terhadap insulin. Hal ini menyebabkan pendengkur memiliki resiko mengidap penyakit diabetes
4.      Tekanan Darah Tinggi
Ada penelitian mengatakan bahwa mendengkur menjadi pemicu tekanan darah tinggi, semakin besar mendengkur maka semakin berat tekanan darah pada pendengkur.
5.      Kerusakan pada Otak
Seseorang yang mendengkur beresiko mengalami kerusakan permanen pada otak. Kerusakan terjadi pada bagian otak yang mengotrol ingatan, tekanan darah dan emosi.
Mendengkur bukanlah petanda bahwa seseorang tidur nyenyak, namun merupakan gangguan tidur yang dapat menyebabkan berbagai penyakit. Jika Anda mendengar teman atau keluarga yang tidur mendengkur, bangunkanlah mereka saat mulai terdengar suara mendengkur, agar menurunkan resiko penyakit akibat mendengkur.




Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Waspada, Bahaya Mendengkur Bagi Kesehatan"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top