Mengatasi Kecemasan Sosial dengan Makanan Ini





Kecemasan sosial adalah suatu keadaan dimana seseorang memiliki rasa cemas dan rasa takut yang berlebihan terhadap situasi sosial tertentu. Orang seperti ini akan merasakan rasa yang tidak nyaman pada dirinya baik fisik maupun mental. Dan ia akan kesulitan masuk dalam situasi keramaian seperti acara pesta (acara outdoor), acara seperti festival ataupun acara lain yang berada di dalam keramaian. Sehingga ia sulit menjalin pertemanan. Ada sebuah penelitian mengatakan bahwa sikap kecemasan sosial ini dapat dinetralisir dengan mengonsumsi makanan yang difermentasi. Makanan yang melalui proses fermentasi membantu usus untuk menghasilkan GABA  (gamma-aminobutyric acid).  GABA merupapkan zat kimia yang dikirim ke otak. Sistem kerja GABA sangat mirip dengan antidepresan dan obat-obatan yang membantu mengatasi masalah kecemasan. Berikut adalah makanan fermentasi yang harus dikonsumsi untuk mengatasi kecemasan sosial.
1.      Acar Mentimun
Mengonsumsi acar mentimun adalah solusi pertama mengatasi kecemasan sosial. Acar mentimun mengandung vitamin A,B,C,D,E dan folat yang merupakan nutrisi yang sangat baik untuk usu. Selain itu acar mentimun mengandung antioksidan alami yang berarti dengan mengonsumsi acar mentimun kita dapat menjaga kesehatan.
2.      Dark Coklat
Siapa yang tidak suka dengan makanan yang satu ini, selain manis juga dapat mengatasi gangguan kecemasan sosial. Makanan ini banyak mengandung trytophan, yaitu asam amino yang mampu meningkatkan mood.
3.      Yogurt
Yogurt terkenal memiliki kandungan prebiotik. Tapi tidak semua jenis yogurt memiliki kandungan yang sama. Pilihlah yogurt yang kaya akan kandungan prebiotik.
4.      Asinan Kubis
Makanan ini mungkinagak asing bagi lidah orang Indonesia, namun makanan ini dapat membantu menetralisir gangguan kecemasan, asinan kubis sangat membantu orang mengalami gangguan perut. Lebih baik lagi jika memakan asinan kubis dengan tanpa diolah yaitu dengan langsung memakan asinan kubis
5.      Kimchi
Kimchi adalah makanan khas Korea. Makanan ini terdiri dari sayur-sayuran yang difermentasi. Kimchi juga kaya akan prebiotik yang akan membantu mengatasi kecemasan sosial.
Makanan yang telah dijelaskan di atas, cenderung mengandung prebiotik yang baik untuk usus. Namun dalam hal ini sangat berhubungan dengan penetralisir kecemasan sosial, sebab studi membuktikan bahwa adanya keterkaitan yang kuat antara otak dan usus. Probiotik dalam usus mengendalikan perasaan dengan mengirimkan pesan ke otak. Itu alasan mengapa makanan fermentasi dapat menjadi penolong bagi kamu yang mengalami kecemasan
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Mengatasi Kecemasan Sosial dengan Makanan Ini"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top